Museum Akpol di Semarang, Destinasi Edukasi yang Menarik untuk Dikunjungi

/Sefnat Besie
Museum Akpol di Semarang, Destinasi Edukasi yang Menarik untuk Dikunjungi. Foto: Istimewa

SEMARANG, iNewsTTU.id--Kota Semarang, Jawa Tengah, memiliki sebuah tempat wisata edukasi yang menarik dan layak untuk dikunjungi oleh masyarakat umum, yaitu Museum Akademi Kepolisian (Akpol). Museum ini terletak tidak jauh dari pos penjagaan di gerbang masuk Akpol dan menawarkan pemandangan bangunan modern dengan halaman yang sangat luas di sisi kanan jalan.

Museum Akpol resmi dibuka oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si pada tanggal 24 Februari 2023. Selanjutnya, museum ini dihibahkan oleh Kapusjarah Polri Brigadir Jenderal Polisi Hari Nugroho kepada Gubernur Akpol pada saat itu, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Suroto, pada tanggal 9 Maret 2023.

Pengunjung museum dapat menikmati berbagai koleksi yang menampilkan sejarah panjang Kepolisian Indonesia, mulai dari masa Hindia Belanda hingga zaman modern. Di dalam museum, terdapat diorama yang menggambarkan cikal bakal polisi pada zaman Kerajaan Majapahit lengkap dengan senjatanya berupa tombak. Selain itu, beberapa properti asli polisi zaman dulu seperti tombak, borgol, pistol, senapan, hingga katana juga dipajang di sini.

Salah satu atraksi utama di museum ini adalah patung lilin yang menampilkan momen bersejarah ketika Presiden Soekarno menyerahkan panji Polri kepada Kapolri pertama, Komisaris Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo. Patung lilin tersebut dibuat dengan detail yang sangat mirip dengan orang asli.

Museum Akpol juga menampilkan sejarah berdirinya Akpol dan berbagai hal menarik lainnya seperti replika barak para Taruna. Pengunjung dapat melihat meja, lemari, tempat tidur, kursi, bahkan lemari pakaian lengkap dengan cara menata pakaian di dalamnya yang harus rapi. Selain itu, ada juga edukasi mengenai marching band Akpol dengan menampilkan alat musik dan peralatan yang digunakan. Menariknya, di depan alat musik yang dipajang, terdapat tombol yang jika ditekan akan memainkan suara dari lagu yang berfokus pada alat musik tersebut.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network