Dua Srikandi Indonesia pernah Menjabat Sebagai Direktur di Bank Dunia

Nekha Fatimah Nursadiyah, Sefnat Besie
Dua Srikandi Indonesia pernah Menjabat Sebagai Direktur di Bank Dunia. Foto:istimewa


Jakarta, iNewsTTU.id – Indonesia meraih prestasi gemilang dengan penunjukan dua wanita terkemuka sebagai Direktur di Bank Dunia. Hal ini menandai kontribusi besar mereka dalam ekonomi global dan mengukir sejarah baru bagi Indonesia di lembaga keuangan internasional.

Bank Dunia, sebagai salah satu lembaga pendanaan terbesar di dunia untuk negara-negara berkembang, telah menunjuk dua orang Indonesia sebagai Direktur Pelaksana berdasarkan prestasi ekonomi mereka yang mengesankan. Mereka adalah Sri Mulyani Indrawati dan Mari Elka Pangestu, dua Srikandi Indonesia yang memberikan inspirasi bagi banyak orang.
1. Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati menjabat sebagai Direktur Pelaksana dan Chief Operating Officer di Bank Dunia dari 2010 hingga 2016. Dalam perannya, ia mengawasi operasional global Bank Dunia dan bekerja sama dengan negara-negara klien serta anggota untuk merancang strategi operasional guna menghadapi tantangan pembangunan yang berkelanjutan.

Sebelum bergabung dengan Bank Dunia, Sri Mulyani memiliki pengalaman sebagai Menteri Keuangan Indonesia dan Menteri Koordinator Urusan Ekonomi. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Direktur Eksekutif di Dana Moneter Internasional.

Selama masa jabatannya di Bank Dunia, Sri Mulyani sering mewakili kelompok tersebut dalam pertemuan G20 dan forum internasional lainnya. Ia juga bertanggung jawab atas pengaturan strategis dan kerangka kebijakan IDA, yang merupakan sumber bantuan utama bagi 77 negara termiskin di dunia. Selain itu, Sri Mulyani memimpin Dewan Penasihat Kelompok Bank Dunia mengenai Gender dan Pembangunan.

Pada tahun 2016, Sri Mulyani mengakhiri masa tugasnya di Bank Dunia setelah dipanggil kembali oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat kembali sebagai Menteri Keuangan.
2. Mari Elka Pangestu

Mari Elka Pangestu menjabat sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia pada tahun 2020. Dalam peran ini, ia memainkan peran penting dalam memperkuat kemitraan global dan mengembangkan kebijakan strategis untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di berbagai negara.

Mari Elka memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, dengan gelar sarjana dan master di bidang ekonomi dari Australian National University, serta gelar doktor di bidang ekonomi dari University of California di Davis. Sebelum bergabung dengan Bank Dunia, ia juga memiliki pengalaman sebagai Menteri Perdagangan Indonesia dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kesuksesan kedua wanita ini di Bank Dunia tidak hanya merupakan pencapaian pribadi yang membanggakan tetapi juga inspirasi bagi generasi muda Indonesia. Dengan keahlian dan dedikasi mereka, Sri Mulyani Indrawati dan Mari Elka Pangestu terus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi global dan memajukan nama Indonesia di kancah internasional.

 

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network