Mengenal Kode Plat Nomor Kendaraan di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Seth Besie
Mengenal Kode Plat Nomor Kendaraan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Foto:ilustrasi

KUPANG, iNewsTTU.id--Tahukan anda, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki tiga kode plat nomor kendaraan yang digunakan untuk membedakan wilayah asal kendaraan bermotor.

Ketiga kode tersebut adalah DH, ED, dan EB, yang masing-masing mewakili daerah tertentu di provinsi ini. Berikut adalah rincian dari setiap kode plat nomor kendaraan di NTT:

1. Plat Nomor DH
    Kode plat nomor DH digunakan di wilayah Kota Rote Ndao, Kupang, Timor, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara. Kendaraan yang memiliki plat nomor dengan kode ini dapat dengan mudah diidentifikasi berasal dari salah satu wilayah tersebut.

2. Plat Nomor ED
    Kode plat nomor ED digunakan di wilayah Sumba Timur dan Sumba Barat. Kendaraan yang terdaftar di kedua wilayah ini akan menggunakan kode ED pada plat nomornya, memudahkan identifikasi asal kendaraan dari pulau Sumba.

3. Plat Nomor EB
    Kode plat nomor EB adalah yang paling banyak digunakan di NTT, mencakup sembilan wilayah yaitu Alor, Lembata, Sikka, Ende, Ngada, Flores Timur, Flores, Manggarai, dan Manggarai Barat. Dengan cakupan wilayah yang luas, plat nomor dengan kode EB sering ditemui di berbagai daerah di provinsi ini.

Penetapan kode plat nomor ini membantu dalam administrasi dan penegakan hukum, serta mempermudah identifikasi asal kendaraan di seluruh wilayah NTT.

Pemerintah daerah berharap dengan adanya pembagian kode plat nomor ini, pengelolaan transportasi dan registrasi kendaraan bermotor dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

 

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network