Aktivitas Vulkanik Gunung Ibu di Halmahera Barat Meningkat

Binti Mufarida, Sefnat Besie
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, aktivitas vulkanik Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara meningkat. (Foto: PVMBG).


Maluku Utara, iNewsTTU.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi telah meningkatkan status Gunung Ibu di Halmahera Barat menjadi Level III (Siaga) dari sebelumnya Level II (Waspada) karena aktivitas vulkaniknya yang meningkat.

Menurut Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, selama periode 16 April hingga 8 Mei 2024, tercatat 130 kali gempa letusan, delapan kali gempa guguran, dan 1.445 kali gempa embusan di Gunung Ibu. Selain itu, terjadi 53 kali gempa harmonik, sembilan kali gempa tornillo, 6.742 kali gempa vulkanik dangkal, dan lainnya.

"Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik. Oleh karena itu, kami meningkatkan status Gunung Ibu menjadi Level III (SIAGA) mulai tanggal 8 Mei 2024 pukul 10.00 WIT," ujar Hendra.

Dia juga menjelaskan bahwa sejak pertengahan April 2024, aktivitas visual dan kegempaan, seperti gempa vulkanik dalam, menunjukkan peningkatan cukup signifikan. "Ketinggian kolom erupsi cenderung meningkat dengan disertai lontaran batuan pijar," tambahnya.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network