Taman Wisata Alam Kawah Ijen Ditutup Sementara, Ini Sebabnya

Masdarul KH/Sefnat Besie
Pacu Adrenalin ke Kawah Ijen Banyuwangi demi Blue Fire, Banyuwangi 16/9/2023.Foto: iNewsTTU.id/Sefnat


Banyuwangi, iNewsTTU.id - Dalam langkah yang diambil untuk menjaga keberlanjutan dan kualitas pengelolaan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, destinasi wisata unggulan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pihak berwenang mengumumkan penutupan sementara mulai 3 Januari 2024. Penutupan ini dilakukan dalam rangka evaluasi tahunan terhadap kegiatan kunjungan wisata alam di kawasan ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Muhammad Yanuarto Bramuda, menjelaskan bahwa penutupan ini merupakan tindakan proaktif untuk mengevaluasi dan mempersiapkan kegiatan kunjungan wisata alam selama tahun 2023.

 "Kami sudah menerima surat edaran dari BBKSDA dan menindaklanjuti dengan penutupan sementara untuk evaluasi," ujar Bramuda.

Surat edaran yang dikeluarkan oleh Kepala BBKSDA Jatim, Nur Patria Kurniawan, dengan Nomor SE.01/K2/BIDTEK.1/KSA/01/2024 pada tanggal 2 Januari 2024, secara resmi menyatakan penutupan Kawasan TWA Kawah Ijen.

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Purwantono menegaskan bahwa penutupan ini merupakan kebijaksanaan kepala balai dan bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan kunjungan wisata alam selama tahun 2023 serta mempersiapkan kegiatan kunjungan tahun 2024.

"Sesuai dengan surat edaran, untuk sekarang kapan buka lagi belum tahu. Nanti melihat perkembangan," ungkap Purwantono, merujuk pada kebijakan pembukaan kembali yang akan ditentukan setelah hasil evaluasi dan rapat koordinasi BBKSDA.

Destinasi populer ini, yang selalu menjadi daya tarik utama wisatawan dari dalam dan luar negeri, menarik perhatian sebanyak 7.612 orang selama libur Natal pada rentang tanggal 22 hingga 26 Desember 2023.

Pemerintah daerah dan BBKSDA berkomitmen untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang perkembangan evaluasi dan kapan TWA Kawah Ijen akan dibuka kembali. Masyarakat diminta untuk mengikuti informasi resmi dari pihak berwenang terkait untuk mendapatkan pembaruan yang akurat.

 

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network