7 Cara Tenangkan Batin untuk Hidup Lebih Damai dan Bahagia

Isto Santos
Salah satu cara untuk menenangkan batin adalah dengan bermeditasi (Foto: Istimewa).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Batin adalah bagian dari diri manusia yang berkaitan dengan perasaan, pikiran, dan jiwa. Batin yang tenang dapat membuat hidup lebih damai dan bahagia. Namun, batin yang gelisah dapat menyebabkan stres, depresi, dan kecemasan.

Untuk menenangkan batin, ada 7 cara yang berhasil dirangkum iNews.id yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Batasi penggunaan media sosial. Media sosial bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan mental jika digunakan secara berlebihan. Media sosial bisa membuat kita cenderung membanding-bandingkan diri dengan orang lain, terpapar berita-berita negatif, atau kehilangan waktu untuk hal-hal yang lebih penting.

Oleh karena itu, batasi waktu dan frekuensi penggunaan media sosial agar batin tidak terganggu.

2. Move on dari masa lalu. Masa lalu yang menyakitkan atau menyesal bisa membuat batin tidak tenang. Jika kita terus-menerus memikirkan hal-hal yang tidak bisa diubah, kita akan merasa frustasi dan tertekan.

Untuk itu, cobalah untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain yang pernah menyakiti kita. Lepaskan beban masa lalu dan fokuslah pada masa kini dan masa depan.

3. Jangan mudah tersinggung. Orang yang mudah tersinggung akan merasa frustasi karena hal-hal kecil yang dilakukan atau dikatakan orang lain. Hal ini bisa mengganggu ketenangan batin dan hubungan sosial.

Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk lebih bersikap santai dan positif. Jangan terlalu serius menghadapi masalah dan jangan terlalu cepat menilai orang lain.

4. Menempatkan diri dengan tepat. Salah satu cara untuk menenangkan batin adalah dengan menempatkan diri dengan tepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Jangan terlalu tinggi mengharapkan sesuatu yang tidak realistis atau terlalu rendah menghargai diri sendiri.

Jadilah diri sendiri dan bersyukurlah atas apa yang sudah dimiliki.

5. Menulis jurnal. Menulis jurnal adalah salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran yang ada di dalam batin. Dengan menulis jurnal, kita bisa meluapkan segala emosi yang terpendam dan mencari solusi untuk masalah yang dihadapi.

Menulis jurnal juga bisa membantu kita untuk lebih mengenal diri sendiri dan menemukan tujuan hidup.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network