Marciana Jone Pantau Kesiapan Petugas Imigrasi Bandara Komodo Labuan Bajo

Rudy Rihi
Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone ( Kedua dari Kanan) meninjau kesiapan petugas Imigrasi di Bandara Komodo Labuan Bajo. Foto : Ist

LABUAN BAJO,iNewsTTU.id- Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone meninjau Konter Pemeriksaan Keimigrasian di area kedatangan dan keberangkatan luar negeri pada Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Sabtu (6/5/2023). Konter ini disiapkan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan Keimigrasian secara kolektif kepada para delegasi asing peserta ASEAN Summit/KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023 di Labuan Bajo, 9-11 Mei 2023.

Peninjauan dilaksanakan oleh Kakanwil didampingi Plh. Kepala Divisi Keimigrasian, Christian Penna dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Labuan Bajo, Jaya Mahendra sesaat setelah mendarat dari Kota Kupang.

Kakanwil utamanya mengecek kesiapan petugas serta dukungan perangkat di konter kedatangan dan keberangkatan, sekaligus mensimulasikan alur pelayanan pemeriksaan Keimigrasian. Bersebelahan dengan konter pemeriksaan Keimigrasian juga terdapat pameran produk-produk UMKM seperti souvenir dan tenun ikat khas NTT.

"Secara umum, petugas dan sarana prasarana sudah siap di konter pemeriksaan Keimigrasian," ujar Marciana.

Menurut Marciana, terdapat 6 mobile Aplikasi Perlintasan Keimigrasian (APK) SIMKIM yang disiapkan untuk mendukung pemeriksaan paspor delegasi asing peserta KTT ASEAN. Masing-masing, 2 unit dari Ditjen Imigrasi, 3 unit dari Kanwil Kemenkumham NTT, dan 1 unit dari Imigrasi Labuan Bajo. Perangkat tersebut dipasang di area kedatangan dan keberangkatan luar negeri, kantor, serta pelabuhan. Selain itu, ada pula yang dijadikan cadangan.

"Walaupun puncak KTT ASEAN berlangsung 9-11 Mei, namun petugas sudah mulai bekerja hari ini (6 Mei atau H-3, red) hingga 13 Mei mendatang," jelasnya.

Marciana menambahkan, petugas yang khusus melaksanakan pelayanan pemeriksaan Keimigrasian berjumlah 27 orang dari Ditjen Imigrasi, Kanwil Kemenkumham NTT, dan Imigrasi Ngurah Rai, Bali. Mereka bertugas di Bandar Udara Komodo dengan sistem shift selama 24 jam. Selain itu, ada pula petugas yang melaksanakan pemantauan/pengawasan dan pengamanan Keimigrasian. Total petugas untuk melaksanakan pelayanan pemeriksaan Keimigrasian, pemantauan/pengawasan dan pengamanan berjumlah 61 orang selama perhelatan KTT ASEAN yang tersebar di 3 posko yakni Bandar Udara Komodo, Pelabuhan Marina Komodo, dan Kantor Imigrasi Labuan Bajo.

"Sesuai arahan Sekretaris Jenderal Kemenkumham dan Direktur Jenderal Imigrasi, para petugas harus bekerja secara profesional dan memberikan layanan terbaik, serta menjalin sinergi dan kerja sama dengan semua pihak terkait," tandasnya.

Setelah meninjau kesiapan di Bandara Komodo, Kakanwil Marciana melanjutkan peninjauan ke Pelabuhan Marina Komodo.(*)



Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network