Universitas Indonesia Masuk Peringkat 10 Level Asia Tenggara

ANP
Universitas Indonesia (UI), Foto: Istimewa

DEPOK, INEWSTTU.ID- Metodologi yang digunakan untuk membuat peringkat QS Asia University Rankings serupa dengan yang digunakan untuk QS World University Rankings, dengan beberapa indikator tambahan dan bobot yang disesuaikan.

Universitas Indonesia (UI) berada pada posisi tertinggi di antara perguruan tinggi lain di Indonesia, urutan ke-10 di level Asia Tenggara, dan peringkat 49 di Asia, berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh QS Quacquarelli Symonds, analisis pendidikan tinggi global dan penyusun QS World University Rankings. 
  
“Dari sisi kinerja dalam QS Asia University Rankings, Universitas Indonesia mengalami peningkatan peringkat secara signifikan dari 56 pada tahun 2022 menjadi 49 pada tahun 2023. Ini merupakan sebuah capaian membanggakan yang diraih Universitas Indonesia, memposisikan diri sebagai universitas teratas di Indonesia,” kata Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., menanggapi kabar baik tentang pencapaian kampus yang dipimpinnya. Untuk itu, Prof. Ari sangat mengapresiasi kerja keras sivitas akademika UI.

QS melakukan penilaian berdasarkan pengakuan akademis dan pemberi kerja, penelitian, sumber daya, dan internasionalisasi. Metodologi yang digunakan untuk membuat peringkat QS Asia University Rankings serupa dengan yang digunakan untuk QS World University Rankings, dengan beberapa indikator tambahan dan bobot yang disesuaikan. Adapun 11 indikator yang digunakan untuk menyusun QS Asia University Rankings adalah sebagai berikut, Academic reputation (30%), Employer reputation (20%), Faculty/student ratio (10%), International research network (10%), Citations per paper (10%) and papers per faculty (5%), Staff with a PhD (5%), Proportion of international faculty (2.5%) and proportion of international students (2.5%), dan Proportion of inbound exchange students (2.5%) and proportion of outbound exchange students (2.5%).

QS Asia University Rankings 2023 melakukan penilaian terhadap 760 universitas. Mengutip dari siaran pers resmi yang diterbitkan QS, UI dinilai sebagai institusi terkemuka yang dianggap baik oleh akademisi dan pengusaha internasional. QS menilai kinerja UI yang baik dalam indikator pertukaran pelajar inbound dan outbound.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network