get app
inews
Aa Read Next : Pimpinan KKB Wilayah Dokoge Paniai Ditangkap Satgas Operasi Damai Cartenz-2024

Hanya Butuh Waktu 3 Jam, Peni Pekei Disergap Ini Kronologisnya

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:12 WIB
header img
Pasukan Khusus yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz. Foto Istimewa

MIMIKA, iNewsTTU.id -  Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap Peni Pekei alias Petrus Pekei, pimpinan Organisasi Papua Merdeka (OPM) wilayah Dokoge-Paniai. Penangkapan ini dilakukan di Kampung Ekaugida pada Jumat (17/5/2024).

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno, menjelaskan bahwa penangkapan berawal dari informasi lapangan. Personel melakukan pemantauan hampir tiga jam sebelum akhirnya menangkap Peni Pekei.

Setelah pemantauan, lanjut dia personel langsung menyergapnya di Tanjakan Pugo, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai. Saat itu, Petrus Pekei dalam perjalanan dari Kabupaten Nabire menuju Paniai.

"Kami telah menangkap DPO KKB Petrus Pekei. Jabatannya Komandan Operasi Umum Markas Dokoge," ujar AKBP Bayu dalam keterangannya, Sabtu (18/5/2024)

Menurutnya, usai ditangkap, kemudian Petrus Pekei dibawa ke Mako Polres Nabire untuk diperiksa. Aparat akan menyelidiki lebih dalam keterlibatan Petrus dalam jaringan OPM atau yang selama ini dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) itu.

"Petrus Pekei alias Peni Pekei ini merupakan anggota KKB aktif," katanya.

Menurutnya, penangkapan ini berdasarkan laporan polisi Nomor LP/01/k/II/2015/Papua/Res Paniai tertanggal 1 Februari 2015. Peni sudah masul daftar pencarian orang (DPO) Nomor: DPO/36/XI/2016/Ditreskrimum Polda Papua sejak 11 November 2016.

"Petrus Pekei ditangkap terkait tindak pidana pemerasan, pengancaman, pencurian dengan kekerasan dan kepemilikan senjata api ilegal di Kampung Witai, Distrik Yatamo-Paniai dengan korbannya Nicolas Worabay," katanya.
KKB Tebar Teror di Intan Jaya, Kapolda Papua Tambah Kekuatan Tim Operasi Damai Cartenz

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut