get app
inews
Aa Read Next : Disiksa Hingga Lebam, Korban KDRT Ivony Non minta Kapolres TTS Segera Tahan Pelaku

Tekan Stunting, Pemda TTS Gandeng WVI Deklarasi ODF di Desa Kuanfatu

Sabtu, 09 Desember 2023 | 20:46 WIB
header img
Tanoto Foundation berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN) Provinsi Nusa Tenggara Timur mengajak para Jurnalis bahas isu stunting di NTT. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi Tugu

SOE, iNewsTTU.id - Sebagai upaya konkret untuk mengatasi masalah stunting, Pemerintah Daerah Timor Tengah Selatan bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Acara ini berlangsung di Desa Kuanfatu, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten Timor Tengah Selatan pada Jumat, 8 Desember 2023.

Sekretaris Camat Kuanfatu, Hengky E. Billik, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan WVI dalam mendukung program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Program STBM ini dideklarasikan sebagai langkah untuk menekan kasus stunting di Kecamatan Kuanfatu.

"Melalui kegiatan ini, masyarakat dididik untuk berprilaku hidup sehat dengan tidak membuang air besar sembarangan. Salah satu faktor terjadinya kasus stunting adalah pola hidup tidak sehat masyarakat yang memicu gizi buruk dan stunting," ujar Hengky E. Billik.

WVI, sebagai lembaga swadaya masyarakat, berperan aktif dalam mendukung program pemerintah. Mereka membantu melibatkan masyarakat dalam program sanitasi air bersih dan mendampingi proses perubahan perilaku masyarakat menuju hidup bersih.

Berdasarkan penjelasan Berwaddin Ibrani Simbolon, Manager WVI Cabang Timor Tengah Selatan, WVI bekerja sama dengan pemerintah untuk menurunkan kasus stunting dengan mengedukasi masyarakat agar memiliki perilaku hidup sehat, termasuk sanitasi air bersih.

"Pola hidup sehat masyarakat berarti kita harus mulai dari sanitasi air bersih. Jika air bersih tidak ada, upaya pemerintah akan gagal total. Oleh karena itu, WVI hadir untuk mendukung pemerintah dalam menekan kasus stunting dengan deklarasi perilaku hidup bersih dan sehat," jelasnya.

Proses deklarasi diawali dengan penandatanganan prasasti ODF oleh pemerintah desa, kecamatan, masyarakat, dan WVI. Meskipun BAPPEDA Timor Tengah Selatan dan Dinas Kesehatan tidak dapat hadir karena hujan, namun kegiatan tetap berjalan dengan lancar.

Diharapkan, upaya WVI dalam mendekatkan sumber air bersih ke masyarakat dapat terus dilanjutkan di desa-desa lain. Langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat Kuanfatu menjaga fasilitas sumber air agar pola hidup sehat terjaga dan kasus stunting terus menurun

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut