get app
inews
Aa Read Next : Koordinator Komunitas Sto. Tomas Jakarta Sumbangkan 100 Paket Sembako di Dusun Banopo

Rebut Juara 1 Lomba Artikel Jurnalistik Polri 2023, Giran Bere Wartawan Asal NTT Bangga

Kamis, 22 Juni 2023 | 15:15 WIB
header img
Rebut Juara 1 Lomba Artikel Jurnalistik Polri 2023, Giran Bere Wartawan Asal NTT akan terima piagam dari Kapolri. Giran Bere saat bertugas di Moskow Rusia.Foto: ist

KUPANG, iNewsTTU.id -Lomba Artikel Jurnalistik yang digelar oleh Polri tahun 2023 diikuti 270 wartawan Se-Indonesia. 

Saat pengumuman pemenang lomba itu, Sigiranus Marutho Bere atau yang biasa disapa Giran Bere, wartawan Kompas.com yang bertugas di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), meraih juara 1 lomba artikel jurnalistik feature.

Pengumuman hasil lomba tersebut secara live yang berlangsung pada Rabu(21/6/2023) kemarin. 

Giran mengikuti lomba dengan judul karya, "Sisihkan Gaji, Kapolsek Jeane Selamatkan 34 Anak " Stunting" di Alor, NTT"

Karya Jurnalistik Ini, dapat mengalahkan sebanyak 270 peserta wartawan dari seluruh tanah air yang ikut berkecimpung dalam perlombaan itu. 

Sedangkan Juara II dimenangkan oleh Muji Hartono asal Jawa Timur.

Selanjutnya Juara III dimenangkan oleh Nur Habibie asal DKI Jakarta.

Raihan prestasi menulis tingkat nasional bukan kali pertama diraih Sarjana Ilmu Pemerintahan itu. 

Pada tahun 2017, Giran meraih juara 1 lomba menulis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tingkat nasional yang ke-100. 

Kemudian, pada tahun 2019, Giran kembali menyabet juara 1 lomba Karya Jurnalistik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tingkat nasional. 

Atas prestasinya itu, Giran pun diberi penghargaan berupa sejumlah uang, piagam dan piala.

Selain berprestasi di dunia jurnalistik, wartawan  yang saat ini tinggal di Perumahan Sahabat Permai, Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak, Kota Kupang, juga meliput di sejumlah negara. 

Dia melakukan liputan investigasi ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Bulan Desember 2016 dan meliput kegiatan kunjungan kenegaraan Komisi V DPR RI ke Moskow, Rusia pada Bulan Mei 2019 lalu. 

Giran juga memiliki segudang pengalaman mengikuti fellowship dan kegiatan pelatihan jurnalistik yang digelar di Jakarta, Bogor, Batam, Makasar dan Bali. 

Rencananya Giran akan menerima penghargaan langsung dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (27/6/2023) mendatang. 

Untuk menerima penghargaan itu, Giran akan didampingi Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah (Polda) NTT Komisaris Besar Polisi Ariasandy. 

Kabid Humas Polda NTT Komisaris Besar Pol Ariasandy, mengatakan, lomba konten kreatif ini merupakan lomba yang diselenggarakan oleh Divisi Humas Polri dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77 dan lomba ini diikuti oleh seluruh masyarakat umum.

"Tidak hanya itu, lomba ini juga mengajak adik-adik kita mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA dan juga personel TNI dan Polri," ujar Ariasandy.

"Tahun ini tentunya Polri ingin lebih dekat dengan masyarakat maka dari itu Polri melalui Divisi Humas mengadakan lomba untuk masyarakat umum," sambungnya. 

Diungkapkannya bahwa dari perlombaan itu, untuk NTT terdapat dua peserta yang berhasil meraih juara, di antaranya lomba mendongeng tingkat TK dan lomba artikel jurnalis untuk wartawan.

"Kedua pemenang akan kita berangkatkan ke Jakarta guna menerima hadiah yang akan diserahkan langsung oleh Bapak Kapolri," ujar dia.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut