get app
inews
Aa Read Next : Uskup Agung Kupang Berbagi Cerita dengan Alumni TOR Lela Tahun 1989

TNI-Polri Kembali Kompak, Kota Kupang Kini Aman dan Nyaman

Kamis, 20 April 2023 | 17:14 WIB
header img
Kapolda NTT Irjen Pol. Johanis Asadoma bersama unsur TNI Trimatra Konsolidasi dan Kota Kupang kembali kondusif. Foto : Tangkapan layar

KUPANG,iNewsTTU.id- Kapolda NTT Irjen Pol. Johanis Asadoma menjamin keamanan warga Kota Kupang, pasca bentrok anggota TNI-Polri yang terjadi, Rabu (19/4/2023) malam.

Dalam jumpa pers bersama awak media massa, Kamis ( 20/4/2023) via channel youtube Humas Polda NTT, Kapolda didampingi Kepala Staf Korem 161 Wira Sakti, Kol.Cpl. Simon Petrus Kamlasi, Dandim 1604/Kupang, Letkol Inf. Wiwid Jalu Wibowo, Kapolresta Kupang. Rishian Krisna Budhiaswanto, Kasibinpers Lanud El Tari Letkol Adm. Adam Toaha, Asrena Lantamal VII/Kupang Kolonel P. Ahmad Afandi, Dan Brigif 21/Komodo Kolonel Inf Samsul Huda, Danyon 743/PSY Letkol Inf. Amdri Karsa, Danyon Marhanlan VII/Kupang Mayor Mar. Eko Sutrisno serta Wadan Denpom, Mayor Cpm Pedro Pinto dan Penjabat Walikota Kupang, George Hadjoh.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, menyampaikan kejadian malam tadi merupakan kesalahpahaman antara TNI dan Polri sehingga terjadi bentrokan antara anggota dilapangan pada saat pertandingan Final Kejuaraan Futsal di GOR Oepoi Kupang. Baik dirinya bersama jajaran TNI Trimatra sudah melaksanakan tindakan-tindakan pencegahan sejak kejadian malam tersebut.

"Atas kejadian semalam kami seluruh unsur-unsur pimpinan di Kota Kupang langsung melaksanakan rapat darurat, lalu kami mengambil tindakan dilapangan untuk mencegah bentrokan meluas, sehingga tadi malam situasi bisa kondusif sehingga kita harapkan ini terus berlangsung, masyarakat jangan lagi takut, ayo lakukan aktifitas seperti biasa, kami personel TNI-Polri menjamin keamanan warga masyarakat," Ujar Kapolda.

Adapun hasil pertemuan tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi yakni :

1. Akan dibentuk tim investigasi bersamaTNI/ Polri untuk memproses kasus ini secara transparan.

2. Semua pimpinan TNI/Polri yang hadir berkomitmen untuk melakukan tindakan kedalam ( internal TNI/Polri) untuk melakukan proses hukum bagi anggota yang terlibat dan hasil investigasi tersebut diserahkan kepada masing-masing kesatuan yang akan melakukan penindakan proses hukum terhadap anggotanya yang terlibat.

3. Semua Pos PAM yang rusak akan dibangun secara bersama-sama oleh TNI/ Polri, bukan cuma itu seluruh Pos PAM pelayanan Idul Fitri akan dijaga secara bersama oleh TNI Polri

4. Akan dilaksanakan Patroli gabungan antara TNI/ Polri, dengan tujuan untuk memberikan rasa nyaman, rasa aman pada masyarakat di dalam aktifitas mereka terutama didalam menyambut rangkaian hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

5. Pimpinan TNI/ Polri menghimbau kepada seluruh anggota untuk menahan diri dan tidak melakukan tindakan-tindakan provokatif serta tidak terpancing hasutan-hasutan dan tidak melaksanakan tindakan anarkis.

6. Pihak Polri secara hukum akan memanggil, memeriksa, meminta keterangan pihak panitia penyelenggara yang tidak mempunyai ijin dalam penyelenggaraan kejuaraan Futsal ini, karena tidak mempunyai ijin dan juga dalam pengamanan tidak melibatkan Polri, dimana kegiatan bersifat menghadirkan massa yang banyak maka harus melibatkan Polri disitu.

" ini adalah kelalaian dari panitia acara tersebut, seandainya Polisi Militer dan Polri dihadirkan bersama-sama dalam pengamanan acara tersebut maka keributan bisa dicegah ataupun diminimalisir, kami menghimbau masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan yang mendatangkan orang banyak agar mengajukan ijin kepada Polri," tambah Kapolda.

Kapolda NTT menekankan masyarakat jangan takut untuk melakukan aktifitas, apalagi jelang idul fitri, Kapolda menjamin keamanan dan kenyamanan warga masyarakat.

" Sekali lagi masyarakat jangan takut untuk melakukan aktifitas, saya jamin kondisi sudah kondusif," tegas Kapolda NTT.



Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut