get app
inews
Aa Read Next : Kapushubad: Lakukan Inovasi dan Kreatifitas untuk Majukan Satuan dan Profesionalitas Prajurit

Mengenal Kampung Hindu Unik dan Bersejarah di Lereng Gunung Lawu

Selasa, 28 Februari 2023 | 14:33 WIB
header img
Mengenal Kampung Hindu di Lereng Gunung Lawu, Sudah Ada sejak Berabad-abad (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNewsTTU.id –Sebuah Kampung Hindu Unik dan Bersejarah terletak di Lereng Gunung Lawu, tak begitu banyak diketahui orang.

Kampumg Hindu ini berada di Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Dalam channel youtubenya, Embara Lensa memberikan informasi terkait Kampung Hindu, unik dan bersejarah yang berlokasi di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Mayoritas warga di Kampung Cetho ini adalah pemeluk agama hindu yang taat, tak heran jika kehidupan dan adat istiadat di dusun tersebut sangat kental akan nilai keagamaan hindu.

Berisikan 200 kepala keluarga, setidaknya terdapat 500 orang jumlah penduduk yang ada di Desa ini.

“Keberadaan masyarakat Hindu di sekitar Candi Cetho tersebut bagian dari jejak pelarian Brawijaya V, raja terakhir Majapahit. Ketika kerajaan Majapahit krisis dan diserang Kerajaan Demak, dia lari bersama pengikutnya, salah satunya ke Candi Cetho,” lenjelasan sang pemilik channel youtube Embara Lensa, dalam deskripsi videonya.

Ki Ageng Krincing Wesi adalah sosok leluhur paling dihormati sekaligus disakralkan oleh masyarakat yang ada di Desa Cetho ini. Makamnya berada di shaf kedua dari 9 shaft yang ada di Candi Cetho ini.

Semasa kepemimpinan Brawijaya V, Ki Ageng Krincing Wesi merupakan juru kunci Candi Cetho dan sering mendampingi sang raja bertapa di candi tersebut.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari pemangku adat di Desa Cetho, Kadi Wiryo, terdapat beberapa pemeluk agama yang lain di desa ini, mulai dari Kristen hingga Islam.

Meski adat yang dominan ada agama Hindu, kerukunan di Desa ini tetap yang dinomorsatukan.

Dalam kaitannya dengan keberadaannya Candi Cetho, masyarakat setempat meyakini beberapa hal, di antaranya pertama, Candi Cetho merupakan peninggalan Brawijaya V, kedua, Brawijaya V sebagai penguasa Gunung Lawu, tak heran jika masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai Eyang Gunung Lawu, ketiga, Candi Cetho hadir sebagai pengayom masyarakat Dusun Cetho, dan terakhir keempat, Shaft kedua pada Candi Cetho diyakini sebagai rumah Eyang Krincing Wesi yang merupakan sesepuh Dusun Cetho.

Demikian informasi mengenai Kampung Hindu Unik dan Bersejarah di Lereng Gunung Lawu.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut