get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Menuju Piala Asia 2023

Ada 5 Bahasa Kuno yang Belum Terpecahkan sampai Saat Ini Nomor 5 dari Asia

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 15:25 WIB
header img
Bahasa Kuno yang Belum Terpecahkan sampai Saat Ini . Linear A (Foto: World History encyclopedia)


JAKARTA, iNewsTTU.id - Ada beberapa bahasa kuno yang belum terpecahkan sampai saat ini. Bahasa merupakan alat komunikasi yang kita gunakan sehari-hari.

Sebagai alat komunikasi, bahasa tentunya sudah ada sejak zaman dahulu. Bahasa juga telah menjadi identitas dari suatu bangsa.

Para peneliti dan ilmuwan pun kerap menggunakan bahasa kuno yang ada pada prasasti atau naskah yang ditemukan untuk mencari tahu tentang sejarah suatu bangsa atau suku.

Akan tetapi, terdapat beberapa bahasa yang sulit dipecahkan lantaran kurangnya bukti dan tidak ditemukannya referensi mengenai bahasa tersebut.

Seperti Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima bahasa kuno yang belum terpecahkan sampai saat ini. Bahasa Kuno yang Belum Terpecahkan sampai Saat Ini

1. Linear A Bahasa ini ditemukan oleh seorang arkeolog asal Inggris bernama Sir Arthur Evans. Bermula pada tahun 1893 saat ia membeli beberapa batu kuno dengan tulisan misterius di sebuah pasar loak di Athena.

Linear A merupakan bahasa Yunani kuno yang hingga sekarang masih belum bisa diartikan. Linear A ini disebut sebagai cikal bakal Linear B yang sudah berhasil diuraikan pada awal 1950-an.

Mengutip Mental Floss, Linear B ternyata mewakili bentuk awal bahasa Yunani.

2. Epi-Olmec Bahasa Epi-Olmec ditemukan pada 1993 oleh ahli epigrafi John Justeson dan rekannya Terrence Kaufman. Epi-Olmec ini disebut mirip dengan bahasa Suku Maya dan diperkirakan digunakan pada tahun 500 SM hingga 500 Masehi.

Namun, karena kurangnya peninggalan manuskrip dan rumitnya bahasa ini, penelitian tentang bahasa Epi-Olmec ini pun dihentikan.

3. Bahasa Harappa Bahasa Harappa ini digunakan oleh suku Harappa, yakni peradaban yang mendiami lembah Sungai Indus pada tahun 40.000 SM. Bahasa Harappa ini digunakan hingga tahun 2.000 SM, mengikuti kehancuran peradaban Harappa.

Bahasa ini pun sulit diteliti lantaran banyak peninggalan bangsa Harappa yang hancur.

4. Bahasa Sidetic Sidetic termasuk bahasa kuno yang belum terpecahkan sampai saat ini. Minimnya penemuan tentang bahasa ini menjadikannya bahasa yang berasal dari Kota Anatolia ini menjadi bahasa yang paling sulit untuk dipecahkan.

Penemuan tentang bahasa Sidetic ini hanya dalam bentuk koin kuno yang berasal dari masa peradaban bangsa Side pada abad ke-2 SM.

5. Bahasa Kuno ZhangZhung Bahasa ZhangZhung ini termasuk salah satu bahasa kuno dari Asia. Bahasa ini dipercaya digunakan oleh masyarakat Tibet pada zaman dulu.

Namun, karena terbatasnya dokumen yang ditemukan, keberadaan bahasa ini masih dianggap kontroversial. Demikian informasi tentang lima bahasa kuno yang belum terpecahkan sampai saat ini.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut