Gedung Bekas Gereja di Kanada Dijual Rp7 Miliar, Ternyata Dibeli oleh Muslim Indonesia

Tim iNews
Gedung bekas Gereja di Kanada Dijual Rp7 Miliar, Ternyata Dibeli oleh Muslim Indonesia. Foto istimewa

Toronto, iNewsTTU.id- Komunitas Muslim Indonesia di Kanada merayakan momen bersejarah dengan resminya pembukaan masjid pertama mereka di Kanada. Istiqlal Islamic Centre of Toronto (IICT) diresmikan hari ini setelah bangunan bekas gereja di Toronto beralih hak milik menjadi masjid.

Pembelian gedung bekas gereja ini didanai oleh Muslim Indonesia di Kanada serta sumbangan dari Tanah Air, Indonesia. Total pembelian gedung mencapai Rp7 miliar, yang menjadi tonggak penting dalam sejarah keberadaan Muslim Indonesia di Kanada.

Menurut Ned, anggota Dewan IICT, struktur bangunan hanya mengalami sedikit perubahan untuk dijadikan masjid. Penambahan fasilitas tempat wudhu dan kamar mandi dilakukan, sementara fasilitas lain seperti dapur, kantor, dan perpustakaan langsung dapat digunakan. Keunikan bangunan ini adalah tidak perlu mengubah arah bangunan ke arah kiblat karena gedung tersebut sudah menghadap ke arah Kakbah.

"Kami hanya perlu menggelar karpet saja. Masjid ini mampu menampung sekitar 200 jamaah," kata Ned.

Masjid ini bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan bagi masyarakat Muslim Indonesia di Toronto. Eni Durhan, Ketua Masyarakat Islam Indonesia Toronto (MIIT), menyatakan bahwa pembangunan masjid dan gedung pusat keislaman merupakan hasil inisiatif dari masyarakat Muslim yang tergabung dalam MIIT.

"Inisiatif untuk memiliki masjid sudah ada sejak tahun 2005 dan baru dapat diwujudkan pada 2021," ujarnya.

Keberadaan masjid ini sangat penting mengingat pertumbuhan jumlah masyarakat Indonesia di Ontario dan sekitarnya. Sebelumnya, kegiatan keagamaan dilakukan dari rumah ke rumah anggota MIIT atau di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Toronto. Dengan hadirnya masjid ini, kegiatan keagamaan dan kebudayaan dapat lebih terorganisir dan memberikan ruang bagi masyarakat untuk beribadah dan berkomunitas.

Alhamdulillah, kata Eni Durhan, masyarakat Islam Indonesia di Toronto sangat aktif berpartisipasi dalam kegiatan di komunitas negara lain, sehingga mereka dapat meminjam gedung-gedung tersebut secara gratis.

Dengan pembukaan resmi Istiqlal Islamic Centre of Toronto (IICT), komunitas Muslim Indonesia di Kanada memiliki tempat ibadah dan pusat kegiatan yang layak dan mengakar dalam sejarah perjuangan dan keberadaan mereka di Kanada.

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network