Banting Setir Bisnis Kecantikan, Bankir 20 Tahun Sukses Jadi Miliarder, Apasih Tipsnya

Suparjo Ramalan, Sefnat Besie
Falguni Nayar, bankir 20 tahun berkarier yang banting setir bisnis kecantikan sukses jadi Miliarder. Foto: Forbes

MUMBAI, iNewsTTU.id -Seorang bankir yang berkarier 20 tahun akhirnya rela berhenti dan menekuni usaha lainnya, yakni bisnis kecantikan siapa sangka, wanita ini akhirnya sukses jadi Miliarder

Pendiri startup kecantikan Nykaa, Falguni Nayar menjadi perempuan terkaya di India dari usaha sendiri. Ini berkat saham IPO Nykaa di bursa yang melesat hingga 96 persen pada Rabu lalu hingga membuat kekayaannya tembus 7 miliar dolar AS atau Rp100 triliun. 

Pengusaha 58 tahun ini kini bergabung dengan jajaran orang terkaya di dunia. Sebagai catatatan, perusahaan induk Nykaa, FSN E-Commecre Ventures merupakan unicorn pertama yang dipimpin perempuan di India, yang memasuki bursa saham. 

Dikutip dari The Better India, perjalanan Nayar dimulai sekitar 9 tahun lalu, ketika dia memutuskan berhenti dari pekerjaan yang prestisius sebagai direktur pelaksana Kotak Mahinddra Group untuk memulai bisnis sendiri. Saat itu, usianya hampir mendekati setengah abad alias 50 tahun. 

Nayar mengatakan, dia mengakhiri 20 tahun kariernya di perbankan investasi untuk beralih ke bisnis kecantikan. Kala itu, semua orang menentang keputusannya. 

"Menurut saya, mereka berpikir karena saya sudah memiliki karier yang sukses di perususahaan yang tumbuh dengan baik. Tidak ada kecewa dengan apa yang saya lakukan. Saya bertanya kepada putra saya (saat itu), 'Apakah menurutmu ini bisa seperti krisis paruh baya?" Dia menjawab, 'Tentu saja'," katanya. 

Ketika Nykaa memulai debutnya, segmen kecantikan di India terfragmentasi. Sejumlah toko kecantikan memiliki koleksi terbatas untuk ditawarkan, dan sangat sedikit produk untuk pria. Tetapi Nykaa memberi pilihan kepada masyarakat India perpaduan unik dari merek-merek dengan harga yang terjangkau, selain merek langka dan mewah, serta produk-produk bebas bahan berbahaya dan sejenisnya.

Nayar mengungkapkan, dia terjun ke bisnis kecantikan dengan pengetahuan terbatas tentang teknologi, ritel, atau kecantikan yang terbatas. Dia mengibaratkan, berada di dunia bisnis seperti halnya naik roller coaster.

“Saya memberi tahu banyak pengusaha muda bahwa bisnis itu seperti naik roller coaster. Lakukan jika Anda pikir Anda akan menikmatinya karena akan ada pasang surut," ujarnya.

Sementara dalam wawancara pada 2018 dengan Bloomberg Markets and Finance, Nayar ingat bahwa pada saat dia berhenti dari pekerjaannya di Kotak, industri kecantikan di India tertinggal jauh di belakang negara-negara lain di dunia. 

"(Tapi) dengan kedatangan e-commerce, saya pikir waktunya tepat. Saya bisa membangun pasar kecantikan di India dengan cara yang seharusnya dibangun," ucapnya.

Belanja produk kecantikan pun berkembang di India sejak Nykaa hadir. Nayar menggunakan konsep bisnis mirip Sephora, di mana Nykaa menyediakan banyak merek di bawah satu payung, berbeda dengan toko yang mengkhususkan merek tertentu.

"Saya selalu percaya pada bisnis online, dan yakin bahwa generasi baru akan lebih mengandalkan ulasan dan rekomendasi rekan daripada pergi ke toko," ucapnya. 

Saat ini, Nykaa menawarkan 4.000 merek kecantikan, perawatan pribadi dan fashion online. Nykaa juga telah memiliki sekitar 80 toko ritel yang tersebar di seluruh India.

Dia memutuskan untuk memanfaatkan demografi besar negara seperti India dengan cara menawarkan informasi yang memadai tentang produk pesaing, di samping menyediakan sejumlah besar pilihan untuk memberdayakan pelanggan.

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network